Dua Poin Penting Jika Ingin Tas Atau Koper Anda Diizinkan Masuk ke Kabin Pesawat

Ke mana pun tujuan Anda, jika tas koper yang dibawa bermasalah, bisa membuat perjalanan tidak menyenangkan. Apalagi jika transportasi yang Anda gunakan adalah pesawat. Menggunakan pesawat tidak bisa sembarangan membawa tas, karena sudah ada peraturan yang mengaturnya. Mulai dari ukuran, bobotnya, hingga jenis barang yang dibawa.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan 2 poin penting jika ingin tas atau koper Anda diizinkan masuk ke kabin pesawat berikut ini.

 baggage-2597666_960_720

pixabay.com

 

Ukuran dan Berat Tas

Jika Anda menggunakan pesawat sebagai transportasi menuju tujuan destinasi, ukuran dan beratnya tas menjadi poin penting. Apalagi jika tas ingin disimpan di kabin, selain praktis juga lebih aman. Selain itu, tas yang disimpan di kabin tidak perlu melakukan check in bagasi dan menunggu pengambilan tas pada saat tiba di bandara tempat tujuan. Tas yang disimpan di kabin pesawat juga lebih kecil mengalami risiko kehilangan.

Setiap penumpang pesawat boleh membawa satu buah koper bersama satu benda pribadi seperti tas ransel, tas kantor, tas laptop, atau tas kamera. Ukurannya harus muat masuk ke dalam bagasi kabin. Tas yang boleh masuk kabin adalah yang ukurannya: 58 x 46 x 23 cm. Sedangkan bobot atau beratnya maksimal 7 kg.

Walaupun demikian, setiap maskapai penerbangan memiliki standar peraturan yang berbeda-beda ukuran dan berat tas yang diperbolehkan dibawa masuk ke kabin pesawat. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari informasi ke maskapai penerbangan yang digunakan.

Mengetahui berapa ukuran dan berat tas atau barang bawaan yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin membantu kita memperkirakan banyaknya barang yangakan dibawa sebelum melakukan perjalanan. Dengan demikian, perjalanan menjadi lebih tenang dan nyaman.

 

Barang-Barang yang Dilarang Masuk Kabin

Selain mengetahui berapa ukuran dan berat tas, penting juga mengetahui jenis-jenis barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam pesawat. Di dalam dunia penerbangan setiap maskapai di berbagai negara memiliki peraturan sendiri dalam hal memastikan dan menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang termasuk peraturan mengenai jenis barang yang tidak boleh dibawa kedalam kabin pesawat.

Sebelum Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat, sebaiknya kenali terlebih dulu jenis-jenis barang apa saja yang tidak boleh dibawa menggunakan pesawat. Langsung saja simak uraiannya berikut ini:

  • Benda tajam, seperti pisau, gunting, pisau, silet, dan benda tajam lainnya.
  • Benda tumpul, selain benda tajam jenis benda tumpul yang berpotensi mencelakai juga dilarang dibawa ke dalam kabin, seperti: pemukul baseball, pentungan dsb. Jika membawa jenis benda ini harus disimpan di bagasi check in.
  • Senjata api.
  • Benda yang mudah terbakar.
  • Produk yang terbuat dari hewan.
  • Zat cair lebih dari 100 ml.
  • Bahan kimia beracun.
  • Barang yang menggunakan baterai lithium.
  • Material atau bahan korosif seperti merkuri, aki kendaraan dan asa sulfat.
  • Benda yang memiliki kandungan gas, seperti: cat semprot, propana dsb.

 

Peraturan pelarangan benda-benda tersebut masuk ke dalam kabin, tujuannya adalah untuk mencegah potensi yang membahayakan keselamatan para penumpang dan penerbangan. Semoga artikel penjelasan mengenai ukuran, berat koper, atau tas dan jenis-jenis barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

 

 

 

 

 

Published by: unidzalika

saya menulis karena saya merasa bahwa ada banyak hal yang tidak dapat di ungkapkan melaui kata-kata, tapi sebuah tulian mampu menjabarkannya. Maka, saya menuliskannya di sini.

Leave a comment

Leave a comment