Persoalan Sederhana

Malam, dari kaki gunung.

Beberapa bulan serta minggu lalu, dan juga kemarin, saya mendapat pengalaman (dengan orang yang berbeda) tapi mempunyai kesamaan dalam masalah ini. Saya sedang berusaha untuk menghukum dan memaafkan diri saya sendiri karena dipertemukan dengan permasalahan yang sama. Kata orang zaman dulu, bertemu dengan kesalahan berulang adalah kebodohan paling hina.

Mungkin setelah Anda selesai membacanya Anda akan memaki-maki saya karena ternyata permasalahan ini tidak krusial, tapi saya harus tetap tuliskan. Setidaknya masalah ini serius untuk sebagian orang. Masalah ini tentang ucapan selamat ulang tahun.

image

Mengucapkan selamat ulang tahun, karena ada yang memang ingat. Ada yang tahu dari Facebook. Ada yang tahu dari teman. Ada yang mengucap karena memang ikut senang. Ada yang sekadar basa-basi. Ada pula yang mengucap karena ada maunya.

Menurut Anda, ini sepele atau tidak?

Menurut saya, ucapan selamat ulang tahun itu tidak terlalu penting, tapi tidak sepele. Kenapa? Karena saya baru saja menyadari bahwa hal yang terlihat sepele bagi kita, kadang begitu berarti bagi orang lain. Saya belum paham betul soal ini. Salah satu contohnya, seperti ucapan selamat ulang tahun.

Jadi gini,
Tanggal 24 kemarin, salah satu guru favorit saat saya masih berstatus siswa, berulang tahun. Ini bukan karena notif Facebook, tapi karena beliau adalah guru favorit, makanya saya ingat. Dan untuk memastikan, saya cek notifikasi Facebook. DANG! Betul, ulang tahunnya tanggal 24 januari ini. Istrinya yang cantik adalah guru mengaji saya dulu. Istrinya juga guru favorit saya, tapi pembahasan kali ini hanya akan membahas suaminya.

Beliau guru laki-laki yang menjadi favorit saya sampai sekarang. Bahkan, jika bisa, saya ingin sekali beliau yang akan menjadi orang yang memberi saya nasihat pernikahan kelak, ketika saya menikah nanti. Sebab tutur bahasanya tidak menggurui dan omongannya mudah diresapi. Beliau galak, menyeramkan, guru bahasa arab yang selalu memukul papan tulis (jika melihat ada siswa yang menulis ketika beliau menerangkan). Pokoknya, kalau pelajaran beliau, semua siswa harus mendengarkan dan dan tidak ada yang boleh melakukan aktivitas mencatat. Saya termasuk murid yang sering kena omel karena di beberapa pertemuan, justru saya tidur di dalam kelas. (Jika ada pelajaran yang tidak saya suka, saya tidak akan mau belajar, bahkan melihat/mendengarnya saya tidak mau, termasuk bahasa arab ini). Tapi beliau asik. Saya akan menjadi murid yang duduk di barisan depan jika beliau sedang bercerita. Saya suka kisah yang diceritakan secara oral maupun verbal. Salah satu cerita yang paling saya ingat adalah kisah asal muasal Drakula. Menyeramkan, sedih, tragis, kejam, dan hebatnya, saya tidak tidur sama sekali di kelas, sementara beberapa siswa malah tertidur saat mendengar cerita Drakula.

Pernah juga, suatu hari seminggu seusai ujian sekolah, di dalam kelas beliau bilang semua anak lulus ujian bahasa arab. Tapi tiga jam kemudian beliau mendatangi saya (dan mendatangi siswa lain yang entah siapa), mengatakan bahwa saya tidak lulus, harus mengulang pelajaran. Saya takjub karena beliau tidak membuat saya malu di depan kelas.

Bagi saya, beliau adalah potret seorang guru yang patut di contoh, sebab beliau tidak menjatuhkan mental siswa di depan teman-temannya, beliau menegur dengan cara yang memotivasi seseorang untuk lebih maju.

Dan tanggal 25 kemarin, saya bertemu beliau di satu waktu, pada kondisi yang begitu terburu-buru. Masih sempat bertukar salam, setelahnya saya mengucap,

“Selamat ulang tahun ya, Pak. Semoga umurnya berkah!”

Lalu beliau menghentikan langkah kakinya. Terdiam.

“Kapan saya ulang tahun?”

“Loh? Kan bapak yang ulang tahun, masa tanya ke saya pak.”

“Oh, tanggal 24 ya. Umur saya berapa ya? Wah kamu pasti tahu dari Facebook ya,”

“Hehehe, nggak juga sih pak, uhm..”

“Makasih doanya,”

Saya hanya tersenyum, lalu kami sama-sama melanjutkan aktivitas kami. Jadi, apa istimewanya sebuah ucapan selamat ulang tahun? Bahkan guru saya pun, lupa dengan tanggal ulang tahunnya. Lantas mengapa ada saja orang yang kesal, sedih, dan kecewa jika ada yang lupa mengucapkan? Contoh lainnya, seperti ini.

Pada Augustus lalu, ulang tahun saya yang kebetulan bertetapan dengan ulang tahun mantan dan dia maupun saya mau tak mau harus saling mengucap selamat ulang tahun dibanjiri dengan ucapan “selamat” yang dibubuhi dengan doa-doa. Saya senang dan bahagia akan hal itu. Apalagi dengan adanya notifikasi jadwal ulang tahun dari Facebook, membuat ucapan selamat ulang tahun semakin banyak. Ada juga yang beberapa bulan kemudian meminta maaf karena lupa mengucapkan selamat. Ada yang sibuk mentraktir makan. Ah. Apalah arti ucapan selamat ulang tahun? Bukankah harusnya kita bersedih karena artinya, usia kita di bumi semakin berkurang?

Kasus lainnya, saya sempat (dan masih) saling diam dengan seorang teman. Bahkan dia keluar dari grup komunitas. Alasannya karena kami tidak mengucapkan selamat ulang tahun. Yailahi, ada rarusan teman yang tidak mungkin diingat tanggal lahirnya. Dan 24 jam yang kami punya tidak selamanya untuk mengecek Facebook, kan?

Bukankah yang lebih penting adalah sebuah doa ((yang bisa diucapkan kapan pun)) dan kebersamaan yang kita punya? Bukankah dengan adanya teman saat kamu butuh, sudah lebih dari cukup ketimbang ucapan selamat ulang tahun? Bahkan kalau mau mengkotak-kotakan, dalam ajaran islam pun tidak ada kewajiban untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Saya rasa hidup kita terlalu singkat, sayang sekali kalau hidup kita hanya dipusingkan oleh hal-hal yang seharusnya tidak perlu dipusingkan.

Ah, hidup kita yang singkat ini jadi sia-sia karena membaca postingan saya kali ini.

One thought on “Persoalan Sederhana”

Leave a Reply

