Rangkuman Hidup di Tahun 2013

Ini Hari terakhir di tahun 2013, saatnya bilang WOW!!!

Pagi tadi banyak sekali yang lalu lalang di timeline twitter, menceritakan secara singkat tentang pencapaian mereka selama di tahun 2013. Beberapa dari mereka menulis kekecewaan dan penyesalan yang mereka alami setahun ke belakang. Saya tidak ikut-ikutan, sebab tahun 2013 saya terlalu panjang, dan bahagia. Panjaaaaang sekali, dan memang jujur saya akui, tahun 2013 ini membuat saya lebih banyak di rumah, tidak terlalu produktif seperti tahun-tahun berikutnya. Tapi saya senang, lebih banyak di rumah artinya, lebih banyak waktu saya bersama ibu.

Saya ingin sekali membagi kebahagiaan dan kepuasan saya selama di tahun 2013, tapi saya takut Anda sebagai pembaca akan bosan, maka saya berniat merangkum semuanya secara singkat, padat, jelas, dan dapat diambil hikmah oleh Anda. Yuk yuk baca terus :3

Januari
Awal bulan ini sudah memberikan kebahagiaan tiada tara buat saya. Kali ini saya terpanggil (pekerjaan saya sebagai tour guide) untuk menemani tiga belas bule yang datang dari Amerika dan saya pusing sekali menjawab semua pertanyaan mereka. Beruntung saya tidak sendirian. Tapi dari sana banyak pengalaman yang saya dapatkan, dan bertemu mereka menjadi pembuka tahun 2013 yang sangat menyenangkan.
Selebihanya saya senang  karena baru menginjak semester tujuh dan mendapat hasil ipk yang pas-pas-an. Nggak apa, di dalam kubur ipk nggak masuk daftar pertanyaan, kan. Bulan januari ini saya maksimalkan hidup di dunia maya, semata karena saya tahu, bahwa informasi pekerjaan bisa kita temukan di dunia sana. Bulan ini juga saya meresmikan nama pena saya menjadi Uni Dzalika. Uni adalah kakak dalam bahasa padang, dan Dzalika adalah nama depan saya di akta kelahiran. Alasnnya simple kenapa saya pakai nama tersebut. Saya mau orang yang tua atau muda sama rata memanggil saya dengan panggilan ‘kakak’ dan saya juga mau, nama ‘Uni’ menjadi identitas bahwa saya adalah keturunan Minang. Sedangkan Dzalika, karena saya ingin ibu serta keluarga besar saya tetap mengenal saya sebagai bagian dari keluarga mereka.

Februari
Saya menjelajahi twitter dan bertemu dengan akun @poscinta yang mengharuskan kita menulis surat cinta di blog selama 30 hari, terhitung sejak pertengahan januari sampai 14 ferbruari. Dan yeah, saya full menulis selama 30 hari. Ajang tersebut bernama #30HariMenulisSuratCinta . Karena saya merasa isi tulisan saya nggak asik, dari sejak itulah saya mulai mengasah gaya bahasa dan teknik menulis saya, agar pembaca blog saya lebih nyaman. Nggak disangka, dalam event ini saya betemu event lain bernama #AWeekofCollaboration yang diadakan oleh @WordsOfPoetica yang mana beberapa tulisan terpilih akan dibukukan melalui nulisbuku.com dan empat cerpen kolab tulisan saya masuk! .

Maret
Saya mulai menyukai twitter, biar pun beberapa pihak mengganggap bahwa jejaring sosial dapat membawa pengaruh negatif, saya tidak berpikir demikian. Saya mulai mampir ke setiap blog orang, menyapa teman-teman di twitter meskipun tidak saling kenal di dunia nyata, lalu mulai mengikuti sejumlah kuis mau pun giveayaw yang sering diadakan beberapa pihak. Kemudian rumah saya sering kedatangan paket hadiah dari hasil lomba tersebut.

April-Mei
Di skip aja ya. Anda semua pasti pernah merasakan patah hati dan tahu bagaimana rasanya. Ada banyak hal yang tidak bisa dijelaskan kenapa saya harus skip hari-hari saya di dua bulan ini. Kalau bisa dihilangkan dalam kalender, hilangkan saja.

Juni
Puisi saya yang sangat sederhana lolos dalam lomba #AnotologiBenci dan dibukukan melalui nulisbuku.com . Aih, senangnya ada karya saya yang masuk buku. Bulan ini juga saya pakai untuk terus mengasah kemampuan saya dalam menulis baik teori atau aplikasinya. Dan pada bulan ini, saya tahu sifat saya yang ceria berubah menjadi agak tertutup, merasa tidak aman, silau terkena matahari, waswas, dan sikap tersebut muncul karena saya terlalu sering menatap layar serta sering menjiwai tokoh-tokoh fiksi saya. Aneh ya, hehe.

Juli
Saya mulai aktif di salah satu organisasi bentukan dari alumni SMA saya, di mana pada bulan ini kami disibukkan untuk membuat suatu acara. Kami membuat acara membagikan makanan berbuka puasa. Setiap bungkusnya berupa kolak, air mineral, kurma arab, dan gorengan. Dan kami membagikannya di sekitar Tugu Kujang dan sepanjang terminal di wilayah Bogor, sebanyak 1600 bungkus. Alhamdulillah sekali, kegiatan ini lancar bahkan berlebih. Memang niat baik akan selalu dimudahkan oleh Tuhan ya. Semoga tahun depan kegiatan amal-nya lebih banyak lagi.

Agustus
My birthday!!! 21 umur saya, semakin banyak yang mendoakan baik di dunia nyata mau pun dunia maya, tapi satu doa dari kakak perempaun saya yang akan selalu diingat dari semua doa, adalah :

“Semoga semakin mencintai dan dicintai Allah, juga makin sayang sama Bundo,”

Doanya sederhana, tapi doa tersebut lah yang akhirnya mengantarkan saya pada jalan menuju kebaikan, doa yang membimbing saya untuk lebih memperbaiki diri, doa yang membuat saya semakin dekat dengan ibu saya. Terima kasih!

September
Tulisan cerpen dan puisi saya yang diikutsertakan dalam lomba #lembarpuisi akhirnya lolos dan terbit dengan bukunya yang berjudul “Lembar Cinta” . Pada bulan ini juga saya mendapat pengumuman menang di tiga lomba menulis. Banyak yang kecewa dengan bulan ini tapi saya tidak, ini bulan paling baik karena banyak memberikan kabar baik untuk saya, kabar bahwa saya sebenarnya mampu menjadi orang yang berprestasi sekali pun bukan di bidang akademis. Alhamdulillah.

Oktober
Saya mulai bosan ikut kuis sana sini, bosan menulis karena ada lomba ini itu, sampai akhirnya saya bertemu dengan @jungjawa dan kami membuat suatu event bernama #30DaysSaveEarth di mana setiap orang bebas menuliskan apa saja di blog dengan tema umum mengenai cinta lingkungan. Senangnya peserta begitu antusias padahal hadiahnya nggak seberapa. Dan bahagia sekali begitu mendapat banyak komentar positif dari peseta yang menerima e-sertifikat dari kegiatan ini.

November
Buat saya, writers block itu nggak ada. Serius deh. Saya cinta menulis, karenanya selalu saja ada ide segar yang mau saya tuangkan, dan jemari saya gemar sekali ‘cerewet’ di hadapan keyboard, sehingga saya tidak pernah mengalami kebuntuan menulis. Akan tetapi, pada buan ini saya berhenti menulis fiksi. Blogspot saya lama sekali tidak di perbaharu isinya.
Sebab saya merasa ketika menulis fiksi, membuat saya sibuk berimajinasi, tenggelam pada hal yang tak pasti, lalu lupa bahwa saya punya kehidupa yang nyata. Saya memutuskan untuk berhenti menulis sejenak karena saya mau mengembalikan kewarasan saya. Saya banyak bermain dengan teman-teman dan itu sedikit memulihkan saya dari rasa insecure. Jadi, buat Anda yang kemarin bertanya kenapa saya berhenti menulis untuk sementara, itu lah alasannya. Tenang, hanya sampai desember kok. Doakan saya semakin produktif menulis tahun depan.

Desember
Tibalah di akhir bulan, akhir tahun, akhir penantian terhadap jodoh, akhir semester, akhir dari semua perjalanan sepanjang 2013 ini. Saya terpanggil menjadi salah satu panitia National Conference Hugo Hatta Club @HuggoHattaClub dan terpilih menjadi kepala HRD 😀 semoga nanti kedepannya saya bisa kerja maksimal, amiin. Pada bulan ini juga saya bertemu dengan program ODOJ (One Day One Juz) di mana setiap orang diwajibkan membaca satu juz sehari dan jika dilakukan selama 30 hari maka setiap bulan kita akan khatam Al-Quran. Saya belum bergabung di grup twitter atau whatsapp tapi saya juga sedang mempraktekannya. Semoga kita semua bisa sama-sama memperbaiki diri ya.
Last but not least, saya senang karena sebelum menyambut kedatangan 2014, hari ini, saya sedang berkumpul bersama sepupu-sepupu terbaik sepanjang masa.

Itulah rangkuman perjalanan saya selama 2013. Nggak ada kisah sedihnya, alhamdulillah juga nggak ada beban masalah yang berat, atau musibah parah. Saya berterima kasih sekali pada Tuhan yang telah memberikan nikmat seindah ini. Terima kasih juga untuk Dzaky (7 tahun) , kesayangan saya yang senang sekali membaca blog ini, kamu motivator saya. Dan, terima kasih untuk Anda sebagai pembaca saya. Doakan esok di tahun 2014 semua tulisan saya mampu menjadi sejarah dan bermanfaat untuk umat. Salam sukses!

Nb : Satu-satunya resolusi 2013 saya yang tidak tercapai adalah : keliling benua asia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s