Kalau Doamu Belum Terkabul

Tulisan saya kali ini ‘agak’ reliji sepertinya. Tidak maksud menggurui, tidak berminat menghujat, saya menulis juga sebagai catatan pribadi bagi saya, dan tidak ingin sok sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah. Hehe.

Selamat malam! 🙂 Anda sedang apa? Saya sedang melamun, memikirkan sesuatu. Sering nggak, kamu berdoa banyak-banyak, doa sepanjang hari, doa dan terus doa, tapi belum juga dikabulkan? Saya akhir-akhir ini seperti itu. Beda sekali dengan ibu saya yang ketika berdoa, beberapa menit kemudian terkabul. Memang, ada kalimat yang mengatakan : Kalau doamu belum terkabul, Tuhan punya rencana yang lebih indah untuk kita. Saya sepakat dengan kalimat itu, namun, sepertinya ada yang nggak beres kalau doa kita keseringan tidak terkabul. Dari sinilah saya sadar. Mungkin, salah satu alasan doa kita belum dikabulkan, mungkin, karena kita masih mengonsumsi hal-hal yang haram dalam agama. Inilah penyebabnya. Terlihat sepele, tapi sesuatu yang haram seharusnya tidak boleh diabaikan.

“Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At-Thabrani)

Astagfirullah. Saya langsung sadar. Barangkali restoran cepat saji atau kafe terkenal yang sering saya datangi tidak bersertifikat halal. Walaupun banyak yang mengklaim mereka ‘aman’ , tetap saja nggak ada label halalnya. Rasul bilang, tinggalkan sesuatu yang membuat kamu ragu. Jadi, misalkan halal tapi belum bersertifikat, lebih baik ditinggalkan saja. Saya segera masukkan ‘mereka’ ke dalam daftar yang tidak akan saya konsumsi lagi karena belum jelas halal haramnya. Mereka adalah ;

1. Solaria
2. Donuts J.co
3. Starbucks Coffee
4. Dapur Coklat
5. Roti Boy
6. Mogu-mogu
7. Bread Talk Roti
8. Papa Rons Pizza
9. Izzi Pizza
10. Baskin ‘n Robbins
11. Richeese Keju
12. Coffee Bean
13. Hanamasa
14. Rice Bowl
15. Ded Bean
16. Burger King.
17. (Ada yang lain?)

image

Oh oh oh BIG NO! Aaaaaargh! Semuanya kesukaan saya (kecuali nomor tiga) dan saya sering mengonsumsi mereka! Duh, gusti. Berapa banyak jenis makanan yang belum jelas halal-nya, masuk ke dalam tubuh saya? Oh, pantas doa saya sejauh ini lama tak kunjung dikabulkan. Sebelum menulis ini, saya sudah tidak mengonsumsi mereka lagi, tapi datang dan duduk di tempat tersebut masih sering. Beberapa kali ada pertemuan yang memang sudah diatur di restoran tersebut. Saya datang, tapi tidak memesan makan atau minum sama sekali. Alhamdulillah, saya sanggup dan tidak tergiur. Karena ini soal prinsip.

Untungnya, Tempat seperti Lotteria dan KFC halal :)) . Sudah ada labelnya dan saya sudah tanyakan sendiri ke @halalcorner . Jadi nggak rugi kan saya punya kartu membernya 😀 Kalau ke Lotteria coba pesan Tornado green tea nya deh. Favorit saya nomor satu. Harganya Rp 7.000,- an lah. *oke ini jadi ngiklan*

Omong-omong, doa saya masih belum di ijabah juga. Saya lantas bertanya pada @halalcorner dan mereka baik sekali mau menjawab pertanyaan followers-nya. Saya stalking juga timeline-nya. Saya kembali berpikir. Mungkin, menggunakan produk kecantikan yang belum halal juga termasuk salah satu penghambat doa kita belum dikabulkan. Malah, bisa jadi amalan perbuatan kita tidak sah. Saya segera menghentikan pemakaian produk berikut ini :

1. Maybeline
2. Vaseline
3. Oriflame
4. Citra Hazeline
5. (Masih banyak lagi tapi saya belum tanya ke @halacorner . Nanti saya update lagi ya.)

Walaupun produk tersebut tidak masuk ke dalam perut, tapi menyerap ke dalam kulit kita. Hih, ada yang nggak halal bersemayam dalam kulit. Gimana cobak sama wudhu-nya? Kamu mandi besar pun lotion yang sudah menyerap nggak akan meluruh. Sayang kan kalau doa kita jadi terhambat. Segera hentikan pemakaiannya, ya. Saya dulu member Oriflame dan tahu betul bahwa produk ini no animals. Tapi tidak ada sertifikat halal nya karena tidak di distribusi di Indonesia, hanya di Swedia. Dan tahukah kamu, yang haram itu bukan datang dari animals aja. Ada beberapa jenis tumbuhan yang haram di makan. Ah, saya kurang riset. Nanti saya tanyakan lagi ke kakak saya.

Makanan udah di sortir. Produk kecantikan juga sudah. Apalagi? Ada. Obat-obatan dan barang yang ada disekitar kita. Ingat soal sepatu yang ramai dibicarakan karena enak dan nyaman, namun terbuat dari kulit babi? *Maaf ya babi yang imut dan lucu, aku suka kamu, tapi kamu tidak boleh dalam agamaku 😥 kamu yang sabar ya.*

“Yang benar adalah bahwa kulit babi tidaklah dapat disucikan dengan disamak karena najisnya bukanlah pada darahnya atau pada saat dia basah akan tetapi pada dzatnya.” (Bada’iush Shona’I juz I hal 370)

Nah, sepatu dan tas yang ‘begitu’ juga tidak bisa dipakai. Walaupun hanya kulitnya. Ternyata, jenis sepatu nyaman yang sering saya pakai harus saya relakan untuk tidak pernah ada lagi dalam jajaran rak sepatu koleksi saya. Selamat tinggal untuk ;

1. Kickers
2. CLARKS
3. Hush Pupies
4. Puma
5. Next
6. BEEBUG (anak-anak)
7. Anyo (anak-anak)
8. Bettina

Nggak semuanya, biasanya ada tulisan pigskin kok. Mesti teliti kalau mau beli mah. Soal tas, saya kurang tahu. Yang paling santer itu tas merk Zara dan Gucci. Tapi belum tahu ya, belum dapat informasi valid. Waspada nggak ada salahnya kan.

Satu lagi, obat yang belakangan lagi didebatkan. Duh, manusia itu ribet ya. Kalau udah jelas haram ya haram. Jangan mengatasnamakan ‘darurat penyelamatan’ sehingga obat yang mengandung babi disebarluaskan penggunaannya. Setiap penyakit selalu ada obatnya, kata Rasulullah. Lagipula, sayang dong kalau sembuh tapi tubuhnya jadi terkontaminasi yang haram 😥

(Ibrahim) berkata : Jika saya tertimpa sakit, maka Dia-lah yang menyembuhkanku. (Qs Asy-Syu’ara : 80)

Saya bukan penggemar obat-obatan sih ya. Kalau dapat obat langsung tanya aja, itu halal atau nggak. Malu bertanya sesat di jalan kan hehe. Nanya aja, nggak bayar ini. Eh, tapi yang paling saya ingat, suplemen Natur E dan Ever E halal kok 😀 . Natur e dulu nggak halal, tapi sekarang sudah. Tapi kalau mau pakai ingat lagi sama postingan saya yang ini –> Suplemen Vitamin E : Musuh Dalam Selimut

Ini jelas, semua kembali pada individu masing-masing. Ada teman saya yang bilang saya berlebihan. But for me, no tolerance concerning regulation in religion and principle matters .

Saya mau dekat dengan Tuhan. Mau doa saya dikabulkan. Mau amalan saya diterima. Meskipun saya bukan orang yang sangat relijius, setidaknya saya mau hal-hal yang haram jauh dari saya, dan keluarga. Yuk, sama-sama perbaiki diri kita, dimulai dari menghentikan pemakaian segala produk haram. Juga uang haram, jangan sekali-kali terjerumus. Bismillah, insha Allah bisa.

Semoga bermanfaat,
Uni.

Daftar Pustaka :

@halalcorner (mereka ramah, silakan follow dan tanya jawab ke mereka hehe)

BeDa.2013.15 Restoran dan Kuliner Populer Ini Belum Bersertifikat Halal MUI. Di unduh pada tangga 15 September 2013
http://www.bersamadakwah.com/2013/09/15-restoran-dan-kuliner-populer-ini.html?m=1

Beberapa merek terenal yang produknya menggunakan kulit babi. m.kaskus.co.id/thread/000000000000000004901470/beberapa-merk-terkenal-yang-produknya-menggunakan-kulit-babi-hati2-gan

6 thoughts on “Kalau Doamu Belum Terkabul

Leave a Reply

