Desember, Pencatat Kenangan

Jadi, di sinilah kita, di bulan terakhir dalam setahun. Kenapa ya, rasanya Desember terlalu cepat datang? Tiba-tiba saya sudah harus instropeksi mengenai hal-hal yang sudah saya lakukan setahun kebelakang. Banyak dari kita yang tak suka membahas masa lalu, tapi buat saya, hal ini perlu. Untuk mengetahui letak kebodohan yang tidak boleh terulang lagi. Dan setelah itu, kita tahu mana hal yang belum tercapai, jadi bakal ada banyak daftar yang harus dilakukan, nih.

2013.
Tahun ini luar biasa bagi saya pribadi. Beda sama tahun-tahun sebelumnya yang menyibukkan saya dengan berbagai kegiatan organisasi dan pekerjaan paruh waktu . Menyenangkan memang, saya mendapat banyak pengalaman dari sana. Terlebih, pekerjaan saya sebagai tour guide membuat saya memiliki banyak relasi. Bertemu banyak orang asing membuka pemikiran saya yang sempit. Mengajari saya bahwa di luar sana, ada banyak kejadian yang lebih penting dari sekadar membahas korupsi dan kemiskinan. Ya, diskusi itu berlangsung di tahun-tahun sebelum 2013.

Tapi 2013 ini memberi warna lain. Sejak Januari hingga sekarang, saya sangat leluasa mengapresiasikan passion saya dalam bidang menulis. Saya suka menulis sejak kecil, tapi baru berani mempublikasiannya di tahun ini. Keberanian saya menunjukkan tulisan muncul ketika pertama kali bergabung dalam event menulis bernama #30HariMenulisSuratCinta . Saya banyak belajar dari situ, banyak belajar dari kak Chiko (@gembrit) mengenai tulis menulis. Lalu dalam program itu, saya bertemu Wulan (@wulanparker) . Dia mengajak saya untuk bergabung dalam kelas menulis, dan Jadilah saya banyak belajar tentang kepenulisan. Hampir semua favorit twitter saya berisi tentang tulis-menulis.

Memang masih banyak kesalahan yang saya buat, tapi tahun 2013 ini membimbing saya untuk menembangkan hobi saya dalam menulis. Ada teman yang bertanya apakah dengan menulis saya bisa kaya raya? Saya hanya tersenyum, menggeleng. Toh, saya menulis karena saya suka. Bukan karena ingin kaya raya. Kalau pun dapat uang, saya anggap sebagai bonus. Pesan seorang teman, jika mau kaya raya, mestinya sih usaha cari kerja yang layak.

Kemarin, waktu saya buka buku diari, saya menemukan list bertuliskan :

Di umur 20 tahun, harus punya buku yang ada nama sendiri, sebanyak 20 buah.

Saya tertawa. Segitu obsesinya saya sewaktu kecil. Sekarang usia saya 21, dan buku yang saya punya belum sampai 20, tapi saya yakin, pada tahun 2014 nanti, ada banyak buku yang lahir dari tangan saya. Doakan ya semoga terwujud.

Menulis sudah menjadi sebagian dari aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Memang berbanding terbalik banget sama kerjaan. Ketika jadi tour guide atau Mc, saya dituntut untuk bisa bersosialisasi, ramah, humble, dan murah senyum. Tapi, saya rasakan sifat saya di tahun 2013 sedikt berubah. Menjadi lebih pendiam, pusing dengan keramaian, kaku, dan lebih senang menyendiri. Ah, saya baru tahu ternyata efek berlama-lama di depan layar membuat kita lebih menutup diri.

Sekarang, di bulan Desember ini saya menaruh harapan.

image

Supaya karya-karya saya yang sudah lahir diakui keberadaannya. Mungkin di bulan Desember ini saya mesti mengurangi aktivitas menulis, untuk mengembalikan kewarasan saya, hehe. Terlepas dari itu semua, walaupun tahun ini saya belum bisa move on, seenggaknya saya memiliki sedikit ‘Achievement’ bagi diri saya sendiri. Harapan saya satu lagi, agar bulan ini bisa menjadi gerbang kesuksesan saya dalam membuat skripsi, lalu lulus tahun depan.

Well, semoga Desember menjadi penutup tahun yang lebih baik dari desember-desember sebelumnya. Amiin.

4 thoughts on “Desember, Pencatat Kenangan

  1. Hai Unii.. akhirnya nemu wordpressnya. Terimakasih yah sudah jadi teman menulis. Semangat Uni menulis itu hebat banget loh. Maaf juga kalau aku banyak salah baik perkataan maupun perbuatan ya. BTW aku lupaaa search HTCnya 😦 Maapiin. Ih pikun ayuuu

Leave a Reply

