Suplemen Vitamin E : Musuh Dalam Selimut

image

 

Selamat membaca. Kali ini saya mau menjabarkan tentang sesuatu yang terlihat bermanfaat, tapi sebenarnya membunuh kita secara perlahan. Seperti judulnya, dia adalah suplemen vitamin E.

 

Mengutip dari Wikipedia yang mengatakan bahwa Vitamin E mudah didapat pada makanan yang berminyak, sayuran, buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, kecambah, minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, selada, kacang-kacangan, asparagus , pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau, dll. Vitamin E juga lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

 

Vitamin E berguna untuk :

–       Meningkatkan daya tahan tubuh,

–       Membantu mengatasi stres,

–       Meningkatkan kesuburan,

–       Meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner,

–       Meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit,

–       Mencegah proses penuaan dini,

–       Melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet,

–       Mempercepat proses penyembuhan luka,

–       Sebagai Antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas,

–       Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan,

–       Dsb.

 

Banyak sekali manfaatnya, bukan? Karenanya kita harus sering mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E, karena begitu bermanfaat bagi tubuh. Tapi bagaimana dengan Suplemen vitamin E? Anda jangan berekspetasi terlalu tinggi, berharap semua manfaat di atas bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi suplemen vitamin E. Zaman sekarang, kita bisa temukan suplemen vitamin E dengan berbagai macam merek. Saya sendiri termasuk konsumen yang (sebelum menulis postingan ini) rutin memakai dan mencoba semua produk yang saya tahu.

 

Pertama kali saya menggunakan Natur E dengan dosis 100 IU per kapsul. Diminum sehari dua kali, pagi dan malam. Saya menggunakan sejak 2010 sampai pertengahan 2013 yang kisaran harganya sekitar Rp 16.500,- sampai Rp 18.000,- tergantung setiap toko. Bentuknya kapsul lunak, berwarna hijau. Pada kapsul tertera tulisan Natur E berwarna putih. Kapsulnya terbuat dari gelatin tulang sapi yang (katanya) halal. Beberapa tahun yang lalu belum ada label halal, tapi baru di penghujung akhir tahun 2012 cap halal tercantum dalam kemasan. Rasa kapsulnya manis, di dalamnya ada minyak berwarna kekuningan. Kemasan berbentuk box persegi panjang yang berisi 4×4 atau 16 butir. Minggu pertama saya meminumnya, jerawat mulai bermunculan. Padahal wajah saya tidak pernah berjerawat. Katanya, ini akibat suplemen Natur E mengeluarkan detoks (racun) yang ada dalam tubuh. Setelahnya memang kulit wajah dan tubuh terlihat lebih bercahaya. Semuanya saya tahu dari hasil sesi tanya jawab dengan Natur E melalui Facebook. Namun, makin ke sini saya merasa aneh. Ketika berhenti meminumnya, wajah saya akan timbul jerawat.

image

 

Suplemen berikutnya bernama Ever E dengan dosis 250 IU berbentuk kapsul lunak berwarna kuning. Di dalamnya cairan berwarna kuning juga. Kapsulnya terbuat dari rumput laut sehingga free animals dan lebih kenyal dibandingkan Natur E. Kemasan berbentuk botol plastik berisi 30 butir, seharga Rp 62.000,- (tergantung distribusi tempat penjualan) . Penggunaan suplemen ini tidak bisa dilihat secara instan seperti Natur E yang membuat kulit seketika bercahaya, tapi kandungan IU lebih banyak dan cukup satu kali minum dalam sehari. Saya memakainya di akhir tahun 2013, dan setiap kali bangun tidur, tubuh saya terasa lebih segar, komedo pun enyah dari wajah. Saya suka kemasannya yang menggunakan silica gel, membuat kemasan terjaga dari kelembaban.

 

image

 

Suplemen vitamin E yang lainnya, yang juga saya konsumsi langsung, bernama Wellness Dietery supplement dengan dosis 400 IU. Cukup sekali sehari pemakaian karena kadarnya yang cukup tinggi, dan bisa ditemukan di apotek terdekat dengan kisaran harga Rp 250.000,- atau lebih. Berbentuk kapsul lunak yang kandungannya bersumber dari (katanya) bahan-bahan alamiah (d-alpha tocopheryl) . Bayangkan sendiri hasilnya, dengan dosis 400 IU akan seperti apa kulit kita. Tentu cerah, segar, terlihat muda. Ini suplemen dari USA dan saya segera menghentikan pemakaian karena bagi saya terlalu berlebihan.

Pernah juga sekitar akhir 2012 mencoba NOURISHSKIN dengan dosis vitamin E 60 IU dalan satu kapsul. Seharga Rp 190.000,- dalam satu kemasan. Memang dosisnya kecil, tapi kandungan bahan lain yang ada dalam produk ini membuat saya memutuskan untuk berhenti memakainya.

 

image

 

Dan masih banyak suplemen Vitamin E lain, yang karena saya belum mencobanya, saya enggan menyebutkan. Semua yang pernah saya pakai bagus, memiliki kelebihan masing-masing dan kisaran harga yang beragam. Tapi semuanya hanyalah suplemen.

 

Tahukah Anda, sebenarnya tubuh kita hanya membutuhkan (sedikitnya) 120 IU (international unit) per hari . Akan tetapi suplemen (yang saya sebutkan di atas) memberikan dosis di luar kebutuhan tubuh. Padahal, suplemen tersebut hanyalah sintesis Vitamin E. Mengutip dari berita artikel di BBC yang di ungkapkan oleh pakar kimia, Macdonald, mengatakan bahwa, Suplemen vitamin E memiliki dosis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan diet normal. Semakin banyak bukti bahwa tidak ada gunanya memakai suplemen, dan jika pun ada, mungkin yang berbahaya.

 

Dari penjelasan di atas, saya sadar, bahwa saya telah melakukan kesalahan fatal terhadap tubuh sendiri. Suplemen yang masuk memang sehari sekali, tapi sungguh kasihan ginjal dan empedu hati saya yang terus mengolah suplemen yang masuk.

 

Memang, Vitamin E berfungsi untuk meremajakan kulit, tapi jika terlalu sering diminum/dipakai akan berakibat buruk pada sel induk. Bayangkan saja jika selnya harus terus meremaja, sel inti-nya akan memperbarui terus. Jika sel terlalu banyak bekerja, dia akan mengkerut kehabisan tenaga, yang justru akan menimbulkan kerutan, membuat kulit terlihat lebih tua.

 

Vitamin E alami maupun suplemen Vitamin E, larut dalam lemak. Dia hanya diolah oleh empedu hati. Jika kelebihan maka dia tidak bisa dibuang karena lemak menempel pada permukaan kulit. Berbeda dengan vitamin C, yang tidak larut dalam lemak. Mereka jika di konsumsi secara berlebihan akan terbuang melalui urin, keringat, dan sisa pembuangan lainnya. Saya bukan dokter dan sumber internet memang sangat minim menyebutkan efek samping ini. Silakan untuk keterangan lebih lanjut, tanyakan pada kerabat terdekat yang memang paham.

 

Dalam beberapa kasus, kelebihan suplemen vitamin E menimbulkan gangguan pada kinerja sistem imun terhadap infeksi. Gejala yang akan dirasakan adalah sakit kepala, lemah dan selalu lelah, serta pusing yang disertai gangguan penglihatan, berat badan menurun drastis.

 

Anda masih ingat postingan saya https://unidzalika.wordpress.com/2013/10/30/tentang-luka-lama/ yang menceritakan salah satu kelemahan tubuh saya? Ya, ternyata suplemen itu lah penyebabnya. Sejak rutin memakai suplemen juga, berat badan turun drastis, mata cepat lelah, sering kehilangan keseimbangan, kulit mudah terbakar, walaupun terlihat bercahaya. Apalagi saya tergolong yang memiliki kulit berminyak, sehingga tidak terlalu butuh suplemen vitamin e. Ini bukan cerita asal-asalan. Memang bukan hasil medis yang menyatakannya, tapi saya begitu sejak 2010 dan ibu saya sependapat dengan beberapa pakar kesehatan, bahwa suplemen bukan hal baik untuk tubuh.

 

Ibu saya adalah seorang pakar kesehatan di wilayah setempat (ketua Posyandu) yang selalu menangani berbagai macam keluhan penyakit. Ibu saya bukan lulusan dokter, tapi pengetahuannya terhadap segala macam penyakit dan obatnya, beliau tahu.

 

Ketika beberapa minggu lalu tetangga saya meninggal akibat penyusutan usus karena sering mengkonsumsi obat, saya akhirnya bercerita pada ibu saya tentang suplemen yang saya konsumsi. Ibu saya dengan tegas bilang bahwa saya harus berhenti.

 

Saya tidak bilang bahwa suplemen yang saya sebutkan di atas (Natur E, Ever E, nourishskin, dietary, dsb) jelek, tidak. Semua pernah saya konsumsi dan saya merasakan manfaatnya untuk saat ini. Tapi saya khawatir kalau pemakaian suplemen dalam jangka panjang dapat menyebabkan melemahnya metabolisme tubuh dan membuat kinerja ginjal memburuk. Saya juga bukan dokter, tapi saya punya pengalaman. Dan saya membagi pengalaman saya agar Anda semua tahu, bahwa obat-obatan kimia berjenis apa pun tidak akan pernah baik untuk anggota tubuh. Mari mulai mengonsumsi bahan bahan alami 🙂

 

*) Berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak ada maksud memojokkan satu pihak.

 

**) Silakan googling dengan keywords apa pun tentang efek samping mengonsumsi suplemen vitamin E. Anda mungkin akan kesulitan mendapat jawaban, karena sepertinya ada kode etik larangan untuk menjabarkan tentang efek samping. Dan apa yang saya tulis di sini murni pengalaman pribadi, kecuali beberapa kutipan yang sudah saya sebutkan di atas bahwa saya mengutip.

 

***) Mari sayangi tubuh kita, dan bantu sebarkan cerita ini agar tidak lapar mata melihat iklan kecantikan.

 

****) Belum bisa mencantumkan foto pribadi karena tidak punya dokumennya.

 

*****) Daftar pustaka

 

Youngson R. 2005. Antioksidan, Manfaat Vitamin C & E Bagi Kesehatan . Cet.1. Jakarta:

Arcan.

Kusrini IA. 2008. Bahasa Indonesia 3 . Cet. 1. Jakarta: Quadra.

Bbc on twitter

189 thoughts on “Suplemen Vitamin E : Musuh Dalam Selimut

  1. Halo ka uni saya kebingungan nih, saya kan membeli obat penggemuk badan di apotek gtu tapi di kasihnya nature’s health vitamin e 400 IU, saya bingung apa benar itu bs buat gemuk? sy searching2 ad yg blg buat gemukin bdn ada juga yg malah badannya jadi tambah kurus 😦
    mohon bantuannya ya sist

    1. Dulu aku juga kurus sekali say. Tinggiku 160 bbku 40 kg. Super kurus pokoknya. Tapi setelah aku konsumsi susu penggemuk dari tiens 1 bulan bbku naik 5 kilo aku senang sekali ada kemajuan. Soalnya aku sudah minum jamu beli obat di apotek dll. Tapi tidak ada hasilnya. Sekarang alhamdulillah sudah proporsional

  2. Slamat malam saya punya karakter kulit kering bgt dan kusam bgt.
    Temen saya nganjurin konsumsi Nourish skin tp saya takut efek samping nya apalagi setelah baca artikel ini saya jd makin takut.
    Tp gimana saya udah pke lotion namun kulit saya tetap kering dan keriput.
    Mohon infonya trims

    1. Selamat malam…..kulit saya jg termasuk kering n sensitif d wajah, mudah timbul flak hitam dan bekas jerawat kecil lama hilangnya….pdhal aq pke produk2 L’Oréal. 3bulan yg lalu entah kenapa flak hitam datang dgn tiba2 d bawah kedua mata , hitam sangat jelas, q frustasi,,,, ,! Tdnya mau beli nourish skin Rp(400,000) /bungkus, q pikir mahal . Lalu q beli nature e ! Udah 2 bulan , Alhamdulillah nggak ada efek sampinh apa2 , nggak ngrasain apa2 akibat mengkonsumsi nature e, dan flak hitam d bawah mata sebelah kiri udah pudar, d sebelah kanan masih ada tp nggak begitu jelas sperti sebelumnya, kulit wajah jd kenyal n ga kering,. Sebelum q putuskan pke nature e q searching2 dulu d internet. Bekas jerawat udah ilang smua . Smoga bermanfaat

    2. Kalau menurut saya, pergunakan saja masker kopi (ampas kopi atau kopi dan gula diseduh dengan air hangat sampai bertekstur kental) untuk mengurangi kulit kering. Aplikasikan saja setiap mandi dengan cara di maskerkan di kulit. Diamkan beberapa menit lalu bilas. lalu pergunakan sabun mandi yang mengandung susu atau bersifat moisturizing. Pakai hand body yang juga melembabkan. Malam hari juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk kulit. Atau viva skin food juga bisa. Itu saja saran saya. Semoga bermanfaat 🙂

  3. setahun lalu saya juga mengkonsumsi natur e utk kulit saya yang kusam. setelah beberapa bln konsumsi rutin, tidak ada perubahan. trus sepupu menyarankan untuk pake minyak zaitun, minyak habbatussauda, n madu serta menjaga wudhu, alhamdulillah wajah saya jadi lebih segar n pembengkakan kelenjar leher saya juga makin kecil. ikutin sunnah rasul aja sista.

    1. Sista yg baik,sy sependapat,lbh baik pake yg alami.. *good
      mau tny dong,itu minyak zaitun,minyak habat +madu cara pakenya diapain? Tq sist.. 🙂

  4. Thanks infonya ya….. saya justru baru mau mulai memakai vitamin e
    saya masih bingung antara ever e sama natur e…
    setelah baca ini saya jdi ragu… dan mungkin yg alami memamng lebih baik…

  5. kalo menurut saya vit E cuma berfungsi menangkal radikal bebas. Yg berfungsi untuk mengenyalkan n mengencangkan kulit adalah collagen.. Maka yg di perlukan di sini adalah mengkonsumsi suplement yg mengandung collagen biar sel collagen terbantu proses regenerasinya. Pengalaman saya minum suplemen collagen merk collage dari maxvita di kombinasi vit E dari brand natures health bikin kulit lbh kenyal dan terlihaat awet muda dg usia real saya yg hampir 37th.. Sekian infonya…

  6. Tx ya udah dapat info menarik. Saya selama ini konsumsi natur e & ever e…pastinya makin cantik kulitnya… tapi so pasti juga membuat susah tidur, sakit kepala,sakit mata. aku pikir karena kecapaian kerja. Setelah membaca info ini, membuat aku harus segera berkata …TIDAK…. n good bye ever n natur e

  7. saya minum nature e sdh hampir 2 tahun selama ini cukup bermanfaat dan saya rasa aman2 saja malah jerawat2 bandelku hilang dan kulit gak kusam lagi ,
    dulu sebelum minum dpt info dari temen kalo mw minum nature e atau sejenis vitamin e lainnya harus dibarengi dengan vitamin a dan c
    dan pas saya coba alhamdulilah sehat2 saja hanya saja sering haus hehehe
    tapi bukankah banyak minum itu bagus 🙂
    semoga bermanfaat 🙂

  8. sebenarnya sy baru mau mencoba mengonsumsi suplemen vitamin e…
    tapi pas baca postingannya jadi ragu mau nyoba,
    thanks infonya 🙂

    1. Thanks kak infonya
      Sbenernya aku mau pake natur E tpi aku masih ragu soalnya harganya cman segitu,
      Sedangkan aku pernah beli gow C itu harganya 100.000
      Aku takut jadi aku browsing dulu,soalnya usia.q juga baru 14 tahun
      Thanks kak 😊😊

  9. Artikel yg bagus kakak… saya baru mulai minum nature E, tapi sekarang malah jadi ragu setelah baca artikel ini. Lebih baik yg alami sajalah…

  10. Kalau menurut saya sih, suplemen itu hanya sebagai nutrisi tambahan/pendukung saja bukan sebagai konsumsi utama. Kalau misalnya sehari-hari kita sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dengan dosis yang sesuai kebutuhan harian, kita sudah nggak butuh suplemen vitamin E lagi karena memang kebutuhannya sudah mencukupi.

    Kita nggak perlu takut atau paranoid konsumsi vitamin E, yang penting perhatikan penggunaannya saja.

    Kalau mengenai vitamin E untuk penggemukan/penurun berat badan saya kurang tahu juga.. hehehe.. tapi setahu saya yang paling mempengaruhi berat badan mungkin ada di protein..

  11. saya juga tukut untuk konsumsi suplemen vitamin…
    karna pastinya, seperti yg disampaikan penulis, bahwa kimia tidak baik untuk tubuh dlam jangka panjang.

    untuk itu, saya mengatasi kulit kering bahkan bersisik saya hanya dengan lotion (hand body).
    saya mencoba lotion hand body dari oriflame (bukan promosi, hanya berbagi pengalaman) yg warna kuning, untuk kulit ekstra kering, konon katanya dari ekstra labu. dan hasilnya cocok, kulit saya menjadi kenyal dan terlihat sehat.

  12. Makasih info nya.ga sengaja googling.ketemu blog nya mbak.saya tadinya mau browsing tentang nourish E.sejak akhir tahun 2013 saya pake nourish skin.emang Ada banget perubahannya.nah saya sempat kuatir apa aman kalo dipake jangka panjang.tapi Sekarang saya jadi ragu mau nerusin pake.

  13. Kalau saya dulu pernah pake natur e dan ever e. Setiap hari kl hbs minum bawaannya mual, kepala nut nut gt. Setiap beli pasti g sampe habis. Awalnya aku g anggap itu krn vitamin e, rasanya g mungkin. trs sdh bbrp lama stop dan coba lagi, eh mual lagi.. Berarti benar spt bbrp sista2 diatas. Kita g cocok.. 🙂

  14. Hai, numpang share, aku ga nyebut merek ya.. tapi aku juga pengkonsumsi suplemen vitamin E. sehari sekali meski anjuran 2x sehari, atau sesuai mood aja minumnya. Flek diwajah ku berkurang itu kelebihannya, tapi… ada satu yang mengganjal ada eksim yang muncul di telapak tangan yang makin hari makin melebar. tapi lama kelamaan hilang kalau aku hentikan minum suplemen. ketika aku mencoba konsumsi vitamin E, eksim nya muncul lagi, aku baru menyadari kelebihan vitamin E bisa membuat masalah kesehatan yang lain termasuk munculnya eksim setelah membaca artikel ini: http://www.wedaran.com/3394/konsumsi-vitamin-e-berlebih/
    ya yang alami lebih baik dan sesuatu yang berlebihan adalah tidak bagus. sekarang aku hentikan konsumsi suplemen vitamin E, mungkin penggunaan suplemen wajib dengan konsultasi dokter dan dikontrol oleh ahlinya sehingga dapat diketahui perlu/tidak perlu nya. sekian 🙂

  15. Makasih mbak infonya
    Saya nyesel minum natur e.

    Saya sudah 2 bulan minum natur e.
    Selama 2 bulan saya minum natur e sebanyak 1 butir per hari.
    Setelah 1.5 bulan mengkonsumsi natur e, jerawat muncul banyak sekali, jerawat kecil kecil merata muncul memenuhi wajah, dan beberapa jerawat besar.

    Saya 19 tahun, dan selama berumur 15,16,17,18 tahun, saya orangnya jarang jerawatan. Baru kali ini menginjak 19, saya jerawatan banyak bgt menyeluruh di wajah. Saya pikir ini karna saya 19 tahun, dan tiba waktunya punya jerawat banyak. Tapi setelah dipikir pikir, saya jerawatan kayanya karna mengkonsumsi natur e selama 2 bulan.

    Ternyata ga semua orang cocok pake natur e.
    Gais, kalo natur e bikin jerawatan, langsung stop ya. Ga kaya saya yg jerawatan karna natur e, dan bodo banget masih lanjutin natur e.

    Makasih banget mbak artikelnya, saya jadi sadar kalo saya jerawatan memang karna natur e.

  16. Sya dlu pern mnum natur e,,slang bbrp hri jrwat bmunculan,,sya stop,,selang bbrp bulan,,sya coba ever e,,gtu jg,,bahkan stlh bhenti konsumsi hmpr 1buln,,jrwat blum hlang total,,

  17. Pada umumnya setiap obat/suplemen pasti ada resikonya cma berpulang lg kepada yg memakai/yg mengkonsumsi obat tsb, jk d gunakan secara tepat dan benar dn d iringi dg olah raga yg rutin, insyaallah efeknya juga akan berkurang.

  18. terimakasih atas infonya,,,, saya suka minum fish oil omega , sama sih bentuknya kaya suplemen gitu yang bening kenyal. kalo itu bagaimana ya ,bagus tidak ? ada efek sampingnya tidak ya

  19. iya aku juga pertama gada jerawat.a , abis itu minum natur e belum sebulan jerawat pada muncul aku berhenti!n pemakaian.a tetep aja tumbuh mala makin banyak dan ga ilang2

  20. Saya pakainya Al Arobi minyak zaitun extra virgin olive oil uni,tadinya pengen coba Nourish E ketika liat posting ini ga jadi.. Pakai Al arobi minyak zaitun kapsul juga bagus uni.. Kebetulan saya member BRC menjual Al arobi asli jika uni ingin bertanya di fb saya namanya Nur cahaya Yasashi.. Makasih uni..

  21. saya remajah cowok dan uda hampir 1 tahun saya konsumsi natur e, awalnya niat mau ngilangin jerawat dan ngerawat kulit dari dalam , alhamdulilah aman ajah dan pastinya kulit mangkin cerah bersih dan kenyal seperti kulit cewek.
    dengan pemakaian cukup sehari 1 kapsul lunak.

  22. Saya 2 bulan konsumsi nurishkin emang noda item bekas lula di kaki pun ilang..kulit tubuh bersih dan muka pun secara bercahaya
    Aku nyoba untuk berenti ngonsumsi dan hasilnya zonk kulit muka kembali kusam..malah lebih kusam dr sebelum pake apa2. Setelah itu udah deh ga dilanjutin takut kalo udah ketergantungan jangka panjang☺

  23. Hay dek uni, mkasi atas infox, gmna ya saya ne busui, kemaren saya konsumsi natur e tapi setelah berhenti makai mngkin lamanya 1mnggu wajahku banyak sekali tumbuh jrawat, pdahal sebelum knsumsi wajahku g pernah keluar jrawat, itu knapa ya, nah skrng saya pngen nyoba nouris skin tapi liat tulisan dek uni saya jadi mikir2 takut bahaya ke anak saya juga, tolong kasi solusinya ya adek cantik, thankk😊

Leave a Reply

